Selasa, 31 Mei 2016

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat dan Bugar

Sebentar lagi mendekati waktu puasa, bagi Anda yang saat ini sedang hamil perlu sekali Anda mengetahui hal ini, bahwasanya wanita yang sedang hamil dan melakukan puasa sebenarnya tidak memiliki efek yang begitu drastis pada kesehatan dan kondisi bayi ketika di lahirkan nanti. Karena menurut berbagai penelitian yang telah membuktikan bahwa puasa sangat berdampak baik bagi kesehatan seseorang terutama bagi ibu hamil. Tapi dalam hal ini jika ibu hamil sudah dipastikan dalam kondisi sehat. Maka oleh kaena itulah bagi Anda para ibu hamil sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan dan kehamilan Anda jika hendak melakukan puasa.  Berikut ini akan di paparkan berbagai penelitian yang terkait puasa dengan ibu hamil. Penelitian ini bertujuan agar semakin memantapkan Anda terutama ibu hamil saat melakukan puasa, diantaranya adalahs ebagai berikut.

  • Terdapat beberapa penelitian telah mendapatkan hasil bahwa berat badan seorang bayi bukan karena dipengaruhi oleh kondisi berpuasa atau tidak berpuasa yang dilakukan oleh sang ibu hamil. Begitupun dengan IQ atau kecedasan calon bayi. Maka tidak kesimpulannya tidak ada kaitanya, melainkan semua tergantung dari kondisi kesehatan ibu hamil dan dalam menjaga asupan nutrisi dalam tubuh.
  • Dalam beberapa kajian pula menyatakan bahwa sampel darah ibu hamil yang berpuasa dan tidak berpuasa memang menunjukan perubahan namun hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan ibu dan dan anak.

Namun jika Anda tetap khawatir dengan kondisi bayi Anda ketika berpuasa, cobalah untuk memperhatikan dan melakukan beberapa tips berikut ini !

Tips Puasa bagi Ibu Hamil Supaya Tetap Fit

Memperhatikan  Jenis Makanan
Ketika Anda ingin memulai puasa yang penting Anda lakukan adalah memastikan jenis makanan yang Anda konsumsi supaya Anda mendapatkan gizi yang seimbang seperti contohnya padi-padian, serelia, buah-buahan dan sayuran. Selain itu terdapat beberapa dokter yang juga menyakini puasa yang dilakukan oleh ibu hami sangat baik bagi kesehatan ibu dan janin. Maka oleh karena itulah jika Anda benar-benard alam kondisi sehat usahakan untuk melakukan puasa dan pastinya harus menjaga asupan nutrisi yang telah disebutkan tadi.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Untuk memenuhi cairan supaya terhindar dari masalah dehidrasi, usahakan Anda banyak minun ketika malam hari. Maka dengan begitu kondisi badan akan tetap bugar ketika menjalani puasa. Konsumsilah air putih sebanyak-banyaknya selagi Anda mampu. Ini tidak akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan bayi Anda tapi justru akan menyehatkan entah bagi janin ataupun bagi ibu hamil.

Hindari Karbohidrat Sederhana ketika Sahur
Ketika sahur usahan Anda menghindari makanan yang mengandung karbohidrat seperti coklat, permen dan lain sebagainya. Karena makanan tersebut bisa merangsang produksi hormon insulin untuk membakar gula dalam darah. Maka dengan begitu Anda akan mengalami lemas, pusing dan perut terasa perih. Untuk menghindari hal itu sebaiknya penuhi makanan yang banyak mengandung karbohidrat komplek seperti sayuran, buah-buahan, ikan, karena semua itu dpat membuat Anda kenyang lebih lama.

Rutin Memeriksakan Kandungan
Bagi para ibu hamil yang melakukan puasa pada saat hamil penting kiranya untuk memeriksakan kondisi kehamilannya. Karena dengan ini kita akan tahu perkembangan kesehatan janin. Selain itu akan membuat kita tahu untuk berhenti atau tetap melakukan puasa. Jika tidak rutin melakukan pemeriksaan akan membahayakan bagi kesehatan janin dan ibu hamil.
Bac juga 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar