Rabu, 08 Juni 2016

Pertanda dan Akibat Tubuh Mengalami Kekurangan Cairan

Dua pertiga berat tubuh manusia terdiri dari air, maka oleh karena itulah kebutuhan air dalam tubuh sangat penting. Lantas apa jika manusia mengalami kekurangan air atau yang lebih dikenal dengan dehidrasi? Menurut sejumlah penelitian menyebutkan bahwa  manusia hanya dapat bertahan selama 3 hari tanpa air dan jauh lebih pendek dibandingkan tidak makan. Hal ini dikarenakan pasokan air yang ada dalam tubuh manusia berfungsi dan bertanggung jawab terhadao seluruh organ dalam tubuh. Diantaranya berfungsi untuk membantu melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, mengatur organ ginjal dan masih banyak lagi lainnya. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan air secara maksimal maka akan mempengaruhi fungsi organ dalam tubuh. Biasanya jika tubuh kekurangan asupan air atau dehidrasi akan muncul gejala pada tubuh. Terdapat banyak pertanda jika tubuh mengalami kekurangan cairan, diantaranya adalah sebagai berikut!

Inila Beberapa Pertanda dan Akibat  Tubuh Mengalami Kekurangan Cairan

Dehidrasi
Seperti yang sudah disebutkan di atas kekurangan cairan biasanya akan mengalami hal yang namanya dehidrasi. Dehidrasi sendiri merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Tanda-tanda yang menyertai aalah tubuh menjadi lemas, letih, tenggorokan terasa kering, pusing dan masih banyak lagi lainnya. Jika sudah mengalami hal tersebut alangkah lebih baiknya minum air yang banyak agar dapat mengembalikan kondisi tubuh Anda menjadi baik lagi.

Terjadi Masalah Pada Organ Pencernaan
Gejala atau pertanda selanjutnya ketika tubuh mengalami kekurangan cairan adalah terjadinya masalah pada organ pencernaan. Saluran pencernaan merupakan saluran yang sangat komloles dan sangat memerlukan air yang berfungsi untuk mencerna makanan. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan akan timbul berbagai macam masalah pencernaan yang Anda rasakan. Diantaranya adalah mengalami sembelit,mulas dan sakit perut. Hal ini dikarenakan dalam lapisan dinding perut terdiri dari 98% air,  dan mengandung bikarbonat untuk melindunginya terhadap asam lambung. Lapisan ini harus selalu tebal setiap saat untuk mencegah masalah perut. Air membantu mempertahankan ketebalan lapisan lambung . Tidak minum cukup air maka lapisan ini akan menipis, dan menimbulkan kerusakan .

Kulit Terasa Kering
Bukan hanya organ dalam tubuh yang dapat memunculkan reaksi ketika kekurangan cairan. Melainkan kulit juga akan terasa lebih kering dibandingkan hari sebelumnya. Dengan kekurangan cairan dapat membuat resintesi dan fungsi enzim tidak bekerja secara optimal sehingga membuat struktur lapisan kulit luar akan terasa kering dan kasr dibandingkan hari sebelumnya.

Memicu Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Kurangnya asupan air dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Selain itu juga dapat membuat masalah pada jantung, karena jantung akan berusaha lebih keras lagi untuk memompa darah. Cairan didalam pembuluh arteri akan mengkompensasi kurangnya air pada kapiler. Dengan demikian, cukup air minum dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Jika aliran darah ke ginjal dibatasi karena kekurangan air, maka ini akan bereaksi dengan konstriksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Maka oleh karena itulah untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan penuhi asupan air secara maksimal.

Sekian penjelasan mengenai pertanda dan akibat kekurangan cairan yang dapat Anda ketahui. Sekian dan semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama terkait dengan masalah kesehatan.
Baca juga 

http://benergi.com/daftar-bahan-bakar-alternatif-pengganti-bbm
http://benergi.com/kelebihan-dan-kekurangan-pembangkit-listrik-tenaga-angin
http://benergi.com/mana-sajakah-daerah-penghasil-minyak-bumi-di-indonesia
http://benergi.com/macam-macam-gaya-dalam-ilmu-fisika-lengkap-dengan-contohnya
http://benergi.com/bagaimana-proses-pembentukan-minyak-bumi-sebenarnya
http://benergi.com/jenis-turbin-angin-lengkap-dengan-kekurangan-dan-kelebihannya
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar